Pada pertemuan yang lalu kita sudah membahas kriteria sebuah logo yang baik seperti apa. Juga mengenai berbagai klasifikasi bentuknya. Terutama pada klasifikasi logo name and design together dan name alone, maka peran pemilihan huruf sangat penting di sini.

Setiap brand memiliki karakter dan pesan tersendiri yang mana bisa muncul dan dimunculkan dari pemilihan jenis huruf. Adapun setiap jenis huruf juga memiliki karakter sendiri-sendiri. Jenis huruf juga disebut sebagai fonts terangkum dalam tipografi/typography (ilmu mengenai jenis huruf dan pemilihannya).

Seperti halnya manusia, bentuk setiap jenis huruf memiliki karakter dan kekhasan masing-masing. Memilih jenis huruf yang tepat akan mampu mengantarkan maksud karakter dari brand tersebut.

Dalam hal memilih huruf diibaratkan seperti memilih pakaian yang tepat untuk suatu kegiatan tertentu. Untuk pergi ke pesta kita pilih pakaian yang layak untuk ke pesta, jas lengkap atau batik lengan panjang untuk pria. Namun sebaliknya pakaian tersebut tidak tepat dan tidak nyaman ketika kita pakai pergi mendaki gunung, ke pantai atau bermain sepak bola (kecuali James Bond barangkali ya, ke mana-mana pakai jas).

Pemilihan hurufpun sebenarnya juga merupakan hal yang abstrak. Ada aturannya namun lebih memerlukan intuisi dan referensi dalam melakukannya. Seperti ketika kita mendengarkan sebuah lagu, kita bisa merasakan suasana-suasana yang muncul dari lagu tersebut. Apakah sedih, gembira, bersemangat, tranquile, hening, syahdu, sakral, provokatif, jenaka, kekanak-kanakan, romantis, melayang dan sebagainya.

 Memilih Jenis Huruf untuk Brand

         Sebagai contoh, kita dapat merasakan perbedaan yang muncul dari tipografi yang dipakai pada tiap-tiap era logo Apple.

 

Gb. 1. Logo dan tipografi pertama Apple Computer (1976)

digambar secara manual oleh Ronald Wayne

 

 

Gb. 2. Logo dan tipografi Apple Computer (1980)

Tipe huruf Motter Tektura

 

 

Gb. 3. Tipografi Apple Computer (1984)

Tipe huruf Apple Garamond

Gb. 4. Tipografi Apple tahun 2002

Tipe huruf Myriad Pro Semibold

 

            Kita lihat bahwa tipografi mampu mewakili tanda-tanda dari tiap jamannya. Mampu memperlihatkan semangat dan motivasi perusahaan tersebut. Pada Gb.1. kita lihat betapa nampak kuno tampilan tipografi perusahaan yang menyebut diri Apple Computer. Nampak tidak sesuai sama sekali dengan bidang usaha yang dijalankan oleh Apple ini, yaitu: komputer. Bandingkan dengan tipografi-tipografi era setelah itu.

            Bentuk dan jenis dari tipografi mencerminkan karakternya, sehingga pemilihan tipografi harus mampu membawakan karakternya tersebut.


Lihat Danton Sihombing, Tipografi dalam Desain Grafis, Gramedia, 2001, hal. 66

Ronald Gerald Wayne, bersama dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple Computer pada tahun 1976. Namun ia sering disebut sebagai salah satu pendiri Apple yang dilupakan.