Decision making in the face of uncertainty with high penalties for error. (Pengambilan keputusan menghadapi ketidakpastian dengan resiko tinggi jika melakukan kesalahan.) (M. Asimow – Amerika Serikat – 1962)

Finding the right physical components of a physical structure Menemukan komponen fisik yang tepat untuk menciptakan suatu struktur fisik. (Christopher Alexander – Amerika Serikat – 1962)

Simulating what we want to make (or do), before we make (or do) it as many times as may be necessary to feel confident in the final result. (Melakukan simulasi atas sesuatu yang ingin diciptakan atau dilakukan sebelum benar-benar menciptakan atau melakukan sesuatu yang diinginkan tersebut. Simulasi dilakukan berulang-ulang sehingga dirasa yakin akan hasil akhirnya.) (PJ Booker – Inggris – 1964)

A goal directed problem-solving activity. (Aktivitas atau pemecahan suatu masalah yang dipandu oleh suatu sasaran yang telah ditetapkan.) (Bruce L. Archer – Inggris – 1965)

A creative activity – it involves bringing into being something new and useful that has not existed previously. (Aktivitas kreatif yang di dalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada.) (JB Reswick – Amerika Serikat – 1965)

The performing of a very complicated act of faith. (Suatu upaya yang rumit yang menunjukkan tindakan dan sikap kesetiaan atau ketaatan.) (Christopherlones – Inggris – 1958)

The imaginative jump from present facts to future possibilities. (Lompatan imajinatif atau maya dari suatu keadaan atau fakta menuju kemungkinan-kemungkinan yang dapat dicapai pada waktu yang akan datang.) (JK Page – Inggris – 1963)

The optimum solution to the sum of the true needs of a particular set of circumstances. (Solusi optimum atas sejumlah tuntutan kebutuhan nyata dari suatu keadaan tertentu yang diinginkan.) (E. Matchett – Inggris – 1966)

Upaya mencari inovasi dengan menciptakan suatu produk baru yang memenuhi kriteria efektivitas teknis dan berasaskan efisiensi. Dalam hal ini bentuk adalah akibat. (Imam Buchori Zainuddin – FSRD ITB – 2005)